Thursday, October 3, 2013

PRODUK BANK SYARI'AH

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 2:04 AM
Dunia perbankan syari'ah di indonesia, sejak pertama kelahirannya pada tahun 1992-1993 mengalami banyak dinamika. Baik yang bersifat positif, begitu pula negatif. Satu hal yang paling teringat ketika mendengar dunia perbankan syari'ah di Indonesia ialah ketika peristiwa krisis ekonomi pada tahun 1997. dimana pada saat itu, bank mu'amalat sebagai bank syari'ah pertama mampu bertahan dari terpaan krisis global. Padahal, dilihat dari segi aset, bank mu'amalat tergolong sebagai bank kecil. Hal ini membuktikan bahwa system yang digunakan oleh bank muamalat pada saat itu, terbukti mampu bertahan dari pengaruh krisis global.
Untuk melihat mekanisme kerja bank syari'ah, bisa dianalisis dari berbagai sudut pandang. Salah satu diantaranya melalui produk-produknya. Secara garis besar, produk bank syari'ah terbagi dalam 3 jenis, yaitu produk penghimpunan dana, produk penyaluran dana, serta produk pelayanan jasa.
Produk Penghimpunan Dana terdiri dari 3 diantaranya adalah Giro Syari'ah, Tabungan Syari'ah, serta Deposito Syari'ah. Untuk Produk Penyaluran Dana, terdiri dari Pembiayaan atas Dasar Akad Mudharabah, Pembiayaan atas Dasar Akad Musyarakah, Pembiayaan atas Dasar Akad Murabahah, Pembiayaan atas Dasar Akad Salam, Pembiayaan atas Dasar Akad Istishna', Pembiayaan atas Dasar Akad Ijarah, Pembiayaan atas Dasar Akad Qardh, serta produk Pembiayaan Multijasa. Sedangkan untuk Produk Pelayanan Jasa terdiri dari Letter of Credit (L/C) Impor Syari'ah, Bank Garansi Syari'ah, serta Penukaran Valuta Asing (Sharf).
Perjelasan mengenai produk-produk tersebut, telah lengkap dirumuskan oleh Bank Indonesia dalam penduk tulisan dengan judul Kodifikasi Produk 2008. Penjelasan tersebut bisa di download di https://www.dropbox.com/s/7w1pndk5aokrvdk/Kodifikasi%20Produk%202008.pdf

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes