Thursday, May 2, 2013

CARA FREEZE APLIKASI

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 10:50 PM
Gadget berbasis android adalah gadget yang customable. Artinya, seluruh konten yang sifatnya software, bisa dirubah, dimodifikasi sedemikian rupa. Walaupun demikian, sudah ada standar aplikasi yang diberikan oleh developer. Standar aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi bawaan pabrik yang sudah ter-bundle dalam stok rom. Sebagai contoh, di Galaxy S Advance 4.1.2 regional Indonesia, standar aplikasi berjumlah 36. dari 36, ada berapa aplikasi yang standby dibelakang layar dan terkoneksi dengan internet setiap saat? Dari aplikasi yang standby dan terkoneksi internet, ada berapa yang memang benar-benar dibutuhkan dan sering digunakan?
Bagi sebagian orang, mungkin ada banyak aplikasi yang memang dibutuhkan. Tapi bagi sebagian lainnya, aplikasi tersebut mungkin mubadzir. Mubadzir pulsa karena selalu terkoneksi dengan internet, selain itu mubadzir daya battery juga, padahal kita tidak menggunakannya secara langsung. Apa langkah yang bisa kita lakukan? Uninstal aplikasi? Atau? Pada kesempatan ini, ekonsul akan memaparkan langkah-langkah untuk freeze aplikasi. Freeze aplikasi dalam konteks ini, memiliki tujuan sama dengan tips sebelumnya tentang aplikasi pembasmi Lag pada http://www.ekonsul.com/2013/05/seeder-aplikasi-pembasmi-lag.html. Tujuannya dalam rangka optimalisasi performa sekaligus menghemat daya battery, sesuai dengan tema besar tulisan ini pada http://www.ekonsul.com/2013/05/best-performance-low-batt-consumption.html. Sebelum memaparkan prosesnya, berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:
• Kondisi gadget harus rooted (Rooted Only)
• Aplikasi Titanium Backup (link ada di bawah)

Berikut adalah rangkaian proses yang harus dilakukan:
1. Buka aplikasi Titanium Backup

2. Pilih Tab "backup/restore"

3. Freeze aplikasi dengan cara tap (sentuh) aplikasi yang akan di freeze, kemudian pilih opsi "freeze!"

4. Tunggu hingga proses freeze selesai (hitungan detik)

5. Lakukan hal yang sapa pada aplikasi lain yang dinilai layak dan perlu di freeze.
6. Congratulation!!!

Untuk daftar aplikasi standar yang dinilai jarang digunakan tetapi memakan banyak memory di RAM, serta memakan paket data tanpa kita sadari. Aplikasi yang akan di Freeze, disesuaikan dengan selera masing-masing. Akan lebih aman jika mengikuti perkembangan dalam forum-forum android, untuk meng-update informasi mengenai aplikasi-aplikasi system yang aman di freeze. Semoga artikel ini bermanfaat, jika memang bermanfaat, mungkin teman disekitar juga membutuhkannya. Karenanya, silahkan share pada yang lain.


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download Titanium Backup di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keramidas.TitaniumBackup&feature=search_result

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes