Friday, October 14, 2011

Battery Super Irit with Mugen Power

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 3:28 AM
Handheld (HH) yang berbasis android tergolong kedalam HP pintar (smart phone) yang multi fungsi dengan berjuta fitur yang ditawarkan. Kecanggihan dan fitur yang ditawarkan ternyata tidak bisa diperoleh secara Cuma-Cuma, dengan kata lain ada yang harus dikorbankan. Salah satu korbannya adalah daya battery yang cukup boros. Walaupun demikian, fitur dan kecanggihan yang ditawarkan jauh labih bernilai dibandingkan dengan borosnya battery. Padahal HP biasa kebanyakan menggunakan daya sekitar 950mAh, bahkan kebanyakan jauh dibawah 900mAh. akan tetapi, HH yang berbasis android rata-rata sekitar 1200mAh keatas, dan tetap tergolong relative boros.
Banyak cara yang digunakan oleh para droiders untuk mengatasi “kendala ini”, mulai dari mengganti battery dengan daya yang lebih besar (1500mAh bahkan 2000mAh) hingga dengan cara efisiensi aplikasi agar tidak memakan banyak daya. Selain itu, sekarang mulai banyak aplikasi yang bisa membantu droiders agar robot hijau yang dipegangnya bisa bertahan lebih lama. Semakin lama suatu HH bertahan, semakin membanggakan bagi droiders. Salah satu aplikasi yang diangga jitu untuk menghemat daya battery adalah Mugen Power. Sebenarnya, aplikasi ini bukan ditunjukkan untuk menghemat battery melaikan sebagai kalibrator (penyesuai daya) bagi droiders yang memiliki battery cadangan. Misalkan droiders punya battery standard dengan daya 1200mAh, kemudian ada satu battery cadangan dengan daya 1500mAh. agar berfungsi baik, droiders perlu membuat profil daya battery sesuai dengan daya yang digunakan karena pembagian penggunaannya berbeda. Oleh karenanya, perlu di kalibrasi ulang. Agar tidak mengkalibrasi setiap ganti battery, droiders cukup menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki 3 pilihan kalibrasi. Untuk 1200mAh terdiri dari 2 profile, yang satu untuk daya battery 1500mAh. ini lah fungsi utama aplikasi yang dikeluarkan oleh produsen battery Mugen Power ini.
Walaupun latar belakangnya seperti yang telah dituliskan di atas, banyak yang percaya, yakin, bahkan telah membuktikan sendiri manfaat dari kalibrasi Mugen Power. Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi para droiders yang selalu mencari, memcari & mencari informasi untuk si robot hijau tercintanya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan;

Syarat dan Ketentuan:
  • Sebelum ritual ini dilakukan, HH harus dalam keadaan rooted (sudah di root). Bagi yang belum di root, droiders bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah ditulis sebelumnya di blog ini. Silahkan main-main dulu //www.ekonsul.com/2011/10/root.html untuk menjelasan mengenai root. Salah satu tanda HH rooted adalah HH droiders sudah memiliki aplikasi SuperUser.
  • Pastikan taks manager atau teks killer tidak membuhun aplikasi ini. Agar aplikasi ini bisa menjalankan tugasnya dengan seksama.
  • Lebih baik dilakukan ketika waktu luang, sejak awal ritual (menjalankan aplikasi Mugen Power) HH dalam kondisi Flight Mode.
  • Bagi yang belum memiliki aplikasi Mugen Power, silahkan download aplikasinya (lihat di bawah).
  • Setelah terdownload dengan baik, langkah berikutnya tentintu instalasi. Silahkan jalankan hasil downloadannya agar terinstal di HH.

Langkah-langkah Ritual:
  • Jalankan aplikasi tersebut, disitu ada 3 pilihan profil yaitu stock battery, Mugen normal size, dan mugen large size.
  • Setelah itu, pilih option dengan memencet tombol option. (tidak ada di screen, tapi di tombol HH sesuai tipe masing-masing) hingga muncul opsinya dan pilih Preference.
  • setelah itu, langkah selanjutnya pilih manage profiles.
  • Seperti di awal, ada 3 pilihan profile battery yang nampak di screen. Untuk droiders yang menggunakan battery standard dengan daya sekitar 1200mAh, boleh menggunakan profile 1 (stock Battery) atau profile 2 (mugen normal size). Bagi droiders yang sudah menggunakan battery dengan daya sekitar 1500mAh, silahkan pilih profile 3 (mugen large size). Pilihan sesuai dengan battery masing-masing kemudian calibrate (ane pake profile 2).
  • Langkah selanjutnya, adalah charge HH droiders hingga full mentok’s (100%). Lebih baik charge sampe tanda full battery muncul (nitification bawaan yang jadi patokan karena pemberitahuannya lebih lambat dibanding notification lainnya. selain notif bawaan,  biasanya ada notification juga dari mugen powerx tapi biasanya munculnya lebih cepat). Selama proses charge, alpikasi jangan di exit atau pun pindah ke aplikasi lain/tidak boleh di ganggu gugat.
  • Setelah ada notification full charge, langkah selanjutnya tinggal calibrate profile.
  • Langkah berikutnya, cabut charger dari HH dan gunakan HH hingga mati dengan sendirinya (kuras/habiskan battery).
  • Selanjutnya, charge lagi sampai full mentok’s (lebih baik dalam keadaan meninggal/mati).
  • Setelah full mentok’s, silahkan cabut charger dan rasakan efeknya. Bandingkan dengan sebelum ritual…
  • Untuk meringankan beban derita Mugen Power, droiders juga bisa membackupnya/menggunakan aplikasi battery saver. Misalkan battery booster, 2x battery, green power premium dan banyak lainnya.
NB: Resiko ditanggung penumpang
Sukses Droiders!!!!



daftar sumber tulisan
sumber tulisan di //www.facebook.com/groups/forumandroidindonesia/


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download alpikasi MugenPower di //www.tusfiles.net/iazi55ivyitu
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes