Monday, October 10, 2011

ROOT

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 9:08 PM
Root adalah sejumlah perangkat aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan hak super user, dimana pengguna android bisa masuk dan memodifikasi fiile yang ada dalam system secara penuh. Jika di analogikan, root dalam bahasa windows adalah user administrator. Root merupakan tools yang sangat penting, sekaligus syarat mutlak agar kita bisa mengenal lebih jauh mengenai android. Karenanya, banyak droiders yang telah mengenal robot hijaunya dan ingin mengenal lebih jauh dengan cara rooting si robot hijau. Root adalah pintu pertama droiders untuk lebih mencintai robot ijonya. Ada beberapa aplikasi yang sangat penting, yang hanya bisa di install kedalah HH rooted. Diantaranya ada titanium backup yang berfungsi sebagai tools yang bisa membackup aplikasi sekaligus data yang ingin kita amankan. screenshotER, yang berfungsi untuk meng-capture tampilan dalam HH. Serta banyak yang lainnya.
Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk rooting HH. Akan tetapi, ada beberapa yang harus diperhatikan agar bisa digunakan secara tepat. Dalam proses rooting, ada beberapa tipe HH yang tidak kompetible. Selain itu, Firmware yang terus diperbaharui dan terus dikembangkan juga berpengaruh terhadap cara dan pemilihan tools yang cocok digunakan untuk rooting. Berikut adalah beberapa alternative aplikasi yang bisa digunakan untuk root.
  • Universal Androot. universal androot bisa digolongkan sebagai perangkat root yang bisa digunakan oleh banyak tipe HH. akan tetapi, sepertinya pembuat aplikasi ini sudah kehilangan hasrat untuk terus mengembangkannya. hal ini dibuktikan dengan rilis terakhirnya yang sudah terlampau lama, yaitu sekitar bulan september 2010. sehingga wajar jika aplikasi ini tidak bisa digunakan di HH yang sudah menggunakan FW ginggerbread atau yang lebih baru. untuk melihat merk dan tipe HH yang kompetibel dengan aplikasi ini, silahkan langsung ke situs resminya (lihat di bawah). cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat tutorial lengkap dengan gambarnya http://www.ekonsul.com/2011/10/tutoorial-universal-androot.html.
  • Z4root. sama seperti universal androot, z4root juga sepertinya baru bisa root HH sampai Froyo. dan ketika dicoba, ternyata memang not work di gingerbread. untuk lebih jelasnya mengenai HH merk dan tipe yang kompetibel, silahkan kunjungi forum XDA Developer (lihat di bawah).
  • Gingerbreak. dalam dunia root meng root, sepertinya ini merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk HH dengan FW gengerbread. akan tetapi, untuk beberapa tipe HH mungkin belum kempetibel. sebagai contoh, galaxy 551 atau yang akrab disebut Gazzy belum bisa menggunakan aplikasi ini. di blog resminya pun belum mencantumkan tipe HH yang kompetibel ataupun yang tidak. silahkan berkunjung ke blog resminya (lihat di bawah).
  • Super One Click (SOC). berbeda halnya denga perangkat aplikasi root yang telah ditulis sebelumnya. SOC merupakan alpikasi root yang membutuhkan koneksi dengan komputer/laptop. kelebihannya adalah bisa digunakan oleh berbagai jenis HH, dan hingga sekarang SOC masih konsisten mengembangkan produknya. dalam web remsinya, pengembangan terakhir SOC tercatat tanggal 9 oktober 2011. akan tetapi, prosesnya yang memerlukan perangkat komputer membuat aplikasi ini cenderung terlihat lebih ribet dibandungkan dengan yang lainnya. untuk melihat sejauh mana perkembangannya, silahkan kunjungi forum xda-developer (lihat di bawah), atau bisa langsung ke web resminya (lihat di bawah).
  • Root via Recovery Mode. ini merupakan cara yang paling extreem untuk root HH. disebut extreem karena bisa dibilang bahwa kita langsung meng-obrak-abrik HH dengan masuk ke system. langkahnya tidak begitu ribet, asalkan teliti pasti bisa. untuk melakukan root via recovery mode, kita harus memiliki sesajen terlebih dahulu yaitu update.zip nya. ini merupakan file yang dibuat dengan recovery mode untuk digunakan suatu saat nanti jika dibutuhkan. tidak banyak orang yang tau mengenai cara membuat file ini, karna itulah saya mengistilahkan ini dengan "cara extreem". sudah banyak yang berkreasi membuat file update.zip ini, jadi bagi yang tidak bisa silahkan langsung saja download (lihat di bawah). ini merupakan updaze.zip yang bisa digunakan oleh Samsung Galaxy 551 (Gazzy). cara rootingnya bisa dilihat di http://www.ekonsul.com/2011/10/root-galaxy-551-gingerbread.html.


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download rooter untuk Galaxy 551 versi 2.3.6 di www.tusfiles.net/ya4fksfvs06c

daftar sumber tulisan:
sumber universal androot di blog.23corner.com/2010/08/30/universal-androot-1-6-2-beta-5/#more-407
tutorial lengkap universal androot di //www.ekonsul.com/2011/10/tutoorial-universal-androot.html
sumber z4root di //forum.xda-developers.com/showthread.php?t=833953
sumber Gingerbreak di //c-skills.blogspot.com/2011/04/yummy-yummy-gingerbreak.html
sumber SuperOneClick XDA di //forum.xda-developers.com/showthread.php?t=803682
sumber SuperOneClick official di //shortfuse.org/
tutorial lengkap root via recovery Galaxy 551 di //www.ekonsul.com/2011/10/root-galaxy-551-gingerbread.html
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes