Monday, September 24, 2012

Backup Windows dengan Symantec Ghost

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 11:16 PM

Setelah sharing dengan seorang kawan, kemudian dibahas lagi dengan beberapa kawan lainnya, akhirnya mendapat ide untuk membuat sebuah tutorial mengenai tata cara membackup sebuah system operasi (OS). Baik itu OS nya saja, maupun dengan seluruh aplikasi yang sudah terinstal. Dari beberapa hasil praktek saya dan kawan-kawan, ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan. Diantaranya adalah;
  1. Dari segi waktu, proses restore lebih cepat dibandingkan dengan proses instal ulang. Padahal, dari sisi manfaat bisa dibilang keduanya sama-sama bisa mengganti secara total OS yang telah ada.
  2. Dari segi kemampuan tools, selain OS, tools ini juga bisa membackup software-software yang sudah terinstal. Dengan kata lain, system yang kita restore akan sama persis dengan system yang dibackup sebelumnya, termasuk software yang sudah terinstal.
  3. Khusus software yang memerlukan aktivasi atau registrasi untuk mendapatkan lisensi, maka dengan cara ini tidak perlu dilakukan lagi dengan catatan baik itu OS maupun software yang dibackup harus sudah memiliki lisensi resmi. Dengan ini, kita bisa menduplikasi software resmi, kemudian digunakan di beberapa komputer lainnya.
Untuk bisa melakukan proses backup dan restore dengan tools ini, maka ada beberapa bahan baik itu software maupun hardware yang harus ada. Diantaranya yaitu:
  1. Software symantec ghost, silahkan download (link ada di bawah).
  2. Flashdisk, lebih baik kapasitasnya minimal 8gb bahkan kalo ada 32gb juga bisa lebih leluasa. Flashdisk ini nantinya akan digunakan untuk media pembantu booting ke software symantec ghost. Selain itu, untuk transfer materi backup & restore.
  3. Jika flashdisk yang ada hanya berukuran 2gb, 4gb, maka hardwere lambahan yang harus ada adalah hardisk eksternal. Yang berfungsi sebagai media untuk memindahkan materi backup & restore. Mengingat kapasitannya yang relatif besar, tergantu apa yang kita backup.
  4. Yang terakhir, tentunya laptop atau PC.

Tidak usah terlalu lama berbasa-basi, langsung saja masuk pada prosesnya. Untuk proses backup restore dengan menggunakan symantec ghost itu sendiri, paling tidak terbagi dalam 3 proses utama. Yang pertama adalah proses format & instaling script ke flashdisk, agar bisa dijadikan sebagai media & alat bantu booting ke aplikasi ghost.exe. Yang kedua adalah proses backup OS & aplikasi, yang terakhir adalah proses restore. Agar lebih mudah dicerna, proses backup sertore dalam tiga sub pembahasan seperti yang telah dibahas sebelumnya.
  1. Proses formating flashdisk, agar lebih fokus saya khususkan pembahasannya. Untuk melihat prosesnya, silahkan klik disini.
  2. Proses backup, agar lebih fokus saya khususkan pembahasannya. Untuk melihat prosesnya, silahkan klik disini.
  3. Proses restore, agar lebih fokus saya khususkan pembahasannya. Untuk melihat prosesnya, silahkan klik disini.


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download esExplorer di //www.tusfiles.net/r5us9bghpubl
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes