Monday, September 24, 2012

Proses Formating Flashdisk

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 11:37 PM

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa untuk menggunakan software symantec ghost langkah pertama yang harus dilakukan adalah format flashdisk. Format yang dimaksud dalam pembahasan ini, tidak seperti proses format pada umumnya. Karena, proses format flashdisk disini menggunakan software khusus. Dengan software khusus ini, dalam waktu bersamaan software tersebut memasukan data-data tertentu dan script-script tertentu kedalam flashdisk. Data dan sript tersebut, nantinya berfungsi untuk mengantarkan kita boot kedalam software ghost, yang didalamnya terkandung opsi-opsi yang bisa kita gunakan untuk membackup OS + aplikasi, serta merestorenya. Prosesnya sendiri cukup mudah dilakukan, akan tetapi memang memerlukan kesabaran yang lebih. Karena cukup menyita waktu. Kirang lebih, 5-10 menit, tergantung kecepatan dari flashdisk yang diformat. Berikut adalah tools yang diperlukan dalam proses formating ini;
  1. Flashdisk, ukurannya sudah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya.
  2. Aplikasi untuk memformat, sudah ada dalam link download.
  3. Sebuah laptop atau PC.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan diantaranya ialah;


  1. Untuk melihat format dafault sebuah flashdisk, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melihat propertis nya. Caranya yaitu dengan klik kanan di flashdisk, kemudian pilih propertis.
  2. Sebagian besar, format dafault yang digunakan biasanya FAT. Akan tetapi, untuk beberapa falshdisk ada yang menggunakan format FAT32. perbedaan ini tidak masalah, yang penting kita tahu bahwa flashdisk yang digukankan memiliki format default apa.
  3. Setelah mengetahui format defaultnya, langsung saja buka aplikasi "Format Tool" yang ada dalam folder
  4. Di kolom "Device", pilih flashdisk yang akan kita format
  5. Di kolom "File System", pilih format yang sesuai dengan format default flashdisk yang digunakan (bisa dilihat di propertis flashisk)
  6. Centang "Create a DOS startup disk" kemudian masukkan file boot didalam folder boot (ada dalam folder download)
  7. Kemudian pilih start.
  8. Setelah beberapa menit (sesuai kecepatan flashdisk, berkisar antara 5-10 menit), nanti akan muncul pop-up finish. Klik finish kemudian close aplikasi "Format Tool" tersebut. Kemudian copy-paste aplikasi GHOST.exe yang ada dalam folder, kedalam flahsdisk (tanpa folder)

Flashdisk sudah siap digunakan sebagai media pengantar boot ke aplikasi ghost, dan siam membackup. Untuk proses backup, biar fokus maka silahkan klik disini lanjutkan membaca tentang proses backup menggunakan symantec ghost.




Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes