Thursday, March 28, 2013

BOOTLOOP ADALAH

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 8:53 AM
Bootloop berasal dari 2 suku kata boot dan loop. Boot disini maksudnya adalah proses loading ketika menghidupkan gadget, sebelum masuk home screen. Menurut bahasa, loop artinya mengulang. Jika dipahami secara umum, bootloop merupakan kondisi dimana gadget tidak bisa masuk homescreen, dan hanya berulang di boot animation. Bagi sebagian user, bootloop merupakan hal yang sudah biasa. Akan tetapi, bagi sebagian lainnya, bisa jadi bootloop membuat panik. Karenanya, kami akan sedikit mengulas mengenai bootloop, melalui tulisan sederhana ini dengan judul "bootloop adalah".
Lalu apa yang menjadi penyebab bootloop? Ada banyak kemungkinan, dari beberapa pengalaman yang terjadi, bisa disimpulkan penyebab utamanya yaitu karena ada file system yang mengalami crash/rusak. Secara teknis, kerusakan file system bisa diakibatkan karena dengan sengaja "merusak", kesalahan prosedur instalasi, bahan yang tidak sempurna/rusak.
Dengan sengaja "merusak", maksudnya ialah dengan sengaja mengedit file system, akan tetapi ada keteledoran sehingga mengakibatkan rusaknya file system yang diedit. Banyak contoh, terutama ketika proses tweak, baik untuk kepentingan peningkatan performance, kualitas visual, user interface, atau lainnya. Proses tweak yang dimaksud yaitu yang secara manual, masuk dalam system, kemudian menyisipkan script-script tertentu.
Kesalahan prosedur, misalnya ketika berniat untuk bengganti boot animation melalui recovery mode, ternyata bahan boot animationnya tidak cocok dengan type gadget yang digunakan. Karena kadang, banyak yang memberi nama file yang biasa digunakan sebagai bahan install via recovery mode dengan nama sama. Kebanyakan, diberi nama "update.zip". Padahal, jika dipelajari lebih jauh, tidak selamanya file dengan nama "update.zip" memiliki fungsi yang sama satu dengan lainnya.
Bahan yang tidak sempurna/rusak, kerusakan seperni ini, biasanya terjadi ketika proses download yang tidak sempurna. Secara kasat mata, sulit untuk mengidentifikasi apakah file yang didownload diterima dengan sempurna, atau telah mengalami kerusakan. Akan tetapi, ketika proses download berlangsung, biasanya ada tanda-tanda. Misalnya proses download yang lama (tidak wajar), proses download yang tidak selesai-selesai padahal file yang di download berukuran kecil, atau banyak lainnya yang menunjukkan ketidakwajaran.
Dari beberapa kemungkinan diatas, kesimpulannya yaitu bootloop diakibatkan oleh rusaknya file system, yang akhirnya mengganggu proses booting gadget. Untuk menghindari bootloop, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah lebih hati-hati ketika "ngoprek", lakukan langkah demi langkah sesuai prosedur, serta bijak dalam memilih tutorial. Bagaimana solusi ketika gadget mengalami bootloop? Silahkan pelajari lebih lanjut disini.

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes