Monday, March 25, 2013

ROOT ADALAH

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 1:31 PM

Sesuai judul postingan diatas, dalam kesempatan ini kami akan membahas sedikit mengenai root. Root merupakan sebuah istilah yang ada dalam dunia android. Dalam dunia windows, root bisa dianalogikan sebagai system administrator. Root memiliki fungsi vital, yang bisa merubah sebuah system android menjadi lebih baik, atau malah sebaliknya. Secara umum, fungsi root adalah untuk mengambil alih hak super user yang tadinya dimiliki oleh system dengan sebuah standart operasional prosedur-nya. Ketika hak akses tersebut dimiliki oleh syatem, maka user memiliki keterbatasan tertentu untuk merubah system. Berbeda halnya ketika hak akses tersebut diambil alih oleh user. User bisa dengan bebas merubah file yang ada dalam system. Tentu, dengan resiko tertentu yang harus di tanggung oleh user.
Apakah root berbahaya? Pada dasarnya, root tidak berbahaya. Akan tetapi, jika setelah mendapatkan akses super user, kemudian user dengan sembarang merubah atau bahkan menghapus file system yang memiliki fungsi vital, bukan tidak mungkin gadget kita akan mengalami kegagalan booting. Bahkan banyak diantaranya yang hingga mengakibatkan brick (kondisi dimana gadget tidak merespon sama sekali). Karenanya, keputusan untuk rooting sebuah gadget, hendaknya disertai dengan pengetahuan yang cukup terntang fungsi dan kegunaannya.
Apakah root membuat garansi hilang? Dari beberapa pengalaman, menurut customer service beberapa vendor gadget ternama, root dapat mengakibatkan hilangnya garansi. Mereka berdalih hilangnya garansi akibat root, itu dikarenakan root bisa mempengaruhi kinerja hardware gadget. Misalnya saja, setelah root, user menambahkan beberapa aplikasi tools dengan makksud untuk memaksimalkan suara. Sehingga sensasi yang dirasakan, suara yang dikeluarkan semakin garang. Ini mengakibatkan speaker harus bekerja ekstra, melebihi fungsi standartnya. Tentu beresiko pada kerusakan fungsi hardware. Dengan alasan inilah, beberapa vendor mengharamkan root.
Apakah root bisa merubah software gadget? Root, sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya, root hanya membantu dari sisi hak akses saja. Perubahan yang terjadi, itu tergantung aplikasi. Karena untuk merubah fungsi standart gadget, beberapa aplikasi membutuhkan hak akses super user sebagaimana yang dimiliki oleh gadget rooted.
Apa saran agar gadget rooted bisa tetep baik? Bijak dalam menggunakan hak akses, merupakan cara yang terbaik untuk memperpanjang umur gadget. Memang, kadang kita perlu root untuk beberapa aplikasi yang memiliki fungsi penting seperti titatium backup, memory swap, atau lainnya. Selama kita mengetahui fungsi aplikasi tersebut, serta tidak memaksakan fungsi standart dari spesifikasi teknis gadget yang kita root, maka potensi negatif root bisa diminimalisir. Bijak menggunakan aplikasi yang membutuhkan root, merupakan langkah paling baik untuk menjaga umur gadget.

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes