Thursday, March 28, 2013

FLASH ADALAH

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 8:59 AM
Flashing atau flash, dalam dunia merupakan proses installing system operasi. Proses flashing terdiri dari beberapa metode, secara umum terbagi menjadi 2 metode yaitu offline, dan online. Flashing dengan metode offline, khusus untuk samsung menggunakan ODIN sebagai software pembantu utamanya. Sedangkan untuk merk lain, menggunakan software pembantu sejenis dengan nama yang berbeda-beda tergantung vendor masing-masing. Sementara metode online, bisa dilakukan dengan menggunakan PC sebagai alat bantu melalui KIES (samsung), bisa juga dilakukan secara mandiri melalui gadget, atau yang dikenal dengan istilah OTA.
Apa tujuang orang melakukan flashing? Paling tidak ada 3 opsi, yaitu untuk downgrade (menurunkan versi sistem operasi android), recovery/trouble solving, atau untuk upgrade (menaukkan versi sistem operasi android).
Downgrade, yaitu menurunkan system operasi ke versi sebelumnya yang lebih rendah. Misalnya dari Jelly Bean ke Gingerbread. Biasanya hal ini dilakukan karena versi yang lebih tinggi dianggap terlalu berat, banyak aplikasi yang tidak kompetibel terutama game, memakan ram yang besar walaupun kondisi gadget sedang standby. Ketika Jelly Bean mulai diluncurkan, banyak user android yang merasakan versi ini cenderung lebih berat dari versi sebelumnya, sehingga sulit memainkan game-game berat. Akhirnya, beberapa diantaranya ada yang memutuskan untuk menurunkan kembali ke versi sebelumnya, yaitu gingerbread.
Recovery/trouble solving, biasanya user yang sering "mengoprek" sering juga mengalami bootloop, yang tidak bisa dinormalkan dengan sekedar wipe data/factory reset dan wipe cache semata. Maka obat paling mujarab yaitu dengan cara flashing. Inilah yang dimaksud flashing sebagai fungsi recovery atau sebagai trouble solving.
Upgrade, flashing dengan maksud upgrade merupakan yang paling dikenal dari yang lainnya. Sebagaimana kita ketahui, bahwa android terus memperbaharui fitur-fitur yang ada dalam setiap versinya. Baik itu dalam 1 level yang sama, maupun versi yang lebih tinggi. Pembaharuan tersebut, tentu menjadi daya tarik tersendiri kepada user untuk ikut merasakan fitur-fitur barunya. Karenanya, banyak user yang selalu menanti versi terbaru yang kempetibel dengan gadget yang digunakan.

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes