Saturday, April 20, 2013

CARA WIPE DATA DAN CACHE

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 7:55 AM
Wipe data/factory reset dan wipe cache merupakan salah satu metode yang tergolong dasar, serta memiliki banyak manfaat. Mulai dari sebagai solusi mengatasi bootloop, sebagai treatment sebelum dan sesudah flashing, serta beberapa lainnya. Proses wipe data dan cache, setiap gadget dilakukan dengan langkah yang sama. Perbedaannya hanya pada proses masuk ke recovery mode. Adapun proses masuk ke recovery mode diantaranya adalah melalui menekan tombol kombinasi. Misalnya untuk galaxy S advance, dilakukan dengan tekan dan tahan Tombol Volume Atas + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan. Berbeda hal nya dengan tombol kombinasi galaxy 551 yaitu dengan tekan dan tahan Tombol T  + Tombol Power secara bersamaan. Untuk lebih lengkapnya, lihat tombol kombinasi masuk recovery mode lainnya pada tutorial kami lainnya pada http://www.ekonsul.com/2013/04/kombinasi-tombol-recovery-mode.html. Adapun proses wipe data dan cache dilakukan dalam beberapa tahap, diantaranya adalah:
1. Matikan gadget, kemudian masuk ke menu recovery mode. Tombol kombinasi untuk masuk recovery mode, disesuaikan dengan tipe gadget yang digunakan.
2. Pilih opsi wipe data/factory reset, tunggu hingga proses wipe data selesai.

3. Pilih opsi wipe cache, tunggu hingga proses wipe cache selesai.

4. Reboot gadget dengan memilih opsi reboot system now.

Konsekuensi dari proses wipe data dan wipe cache adalah hilangnya seluruh data dalam memory internal gadget, selain data dan aplikasi bawaan dari ROM yang terinstal. Jika dilakukan sebelum dan sesudah proses flashing, tidak ada dampak negatif. Bahkan, kami merekomendasikan langkah ini sebagai bagian dari proses flashing yang baik.

Catatan:
• Untuk memindahkan highlight antara opsi satu dengan lainnya, lakukan dengan menekan tombol volume atas/volume bawah.
• Untuk memilih opsi, lakukan dengan cara menekan tombol power untuk recovery mode versi baru, dan tombol home untuk versi lama.


Tutorial ini mengandung resiko, lakukan dengan penuh tanggung jawab serta kehati-hatian. Kami hanya membantu memaparkan proses langkah demi langkah, semua resiko ditanggung sendiri.

Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes