Tuesday, April 23, 2013

QUR'AN IN WORD 2013

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 9:43 PM
Dalam tulisan lain, ekonsul telah memaparkan mengenai sebuah freeware yang tentunya sangat bermanfaat yaitu Kamus besar bahasa Indonesia. Tidak hanya review saja, akan tetapi ekonsul juga memberikan informasi mengenai cara mendapatkan freeware tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa dipelajari lebih lengkap pada http://www.ekonsul.com/2013/04/kamus-besar-bahasa-indonesia-offline.html. Pada kesempatan ini, ekonsul akan mengkaji mengenai islamic freeware, khususnya terkait dengan penulisan ayat al Qur'an dalam MS Word.
Bagi sebagian orang, menulis ayat al Qur'an merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Akan tetapi, tidak semua versi sistem operasi windows memiliki kapasitas. Bahkan dalam beberapa kasus ditemui tanda-tanda ketidak mampuan sebuah sistem operasi dalam membaca tulisan arab. Misalnya, sebuah tulisan yang harusnya ayat al Qur'an, tetapi terbaca kotak-kotak. Dalam kasus lain ditemui, tulisan arabic yang harusnya dari kanan ke kiri, nampak terbalik (dari kiri ke kanan) sehingga tidak bisa terbaca.
Ada beberapa alternatif cara agar bisa menulis arab, khususnya al Qur'an. Mulai dengan cara manual mengetik huruf demi huruf, copy paste tulisan arab dari sumber lain, menggunakan symbol, hingga cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan software pihak ketiga. Pada kesempatan ini, ekonsul akan mengurai tentang software pihak ketiga yang berfungsi membantu kita dalam menulis arab, khususnya menulis ayat-ayat al Qur'an.
Software yang biasa digunakan untuk menulis ayat-ayat al Qur'an, berikut terjemahan bahasa indonesia diantaranya yaitu Qur'an In Word. Perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas, tertulis tulisan arab, lengkap dengan harakat, serta terjemahan bahasa Indonesia. Bahkan, beberapa ayat dilengkapi dengan penafsirannya. Jika penulisan dilakukan secara manual, agar bisa terlihat lengkap dengan harakat, tentu memakan waktu yang lama. Selain karena dilakukan secara datail huruf demi huruf, harakat demi harakat, tidak semua keyboard dilengkapi huruf arab, sehingga kita harus menghafal terlebih dahulu posisi huruf-huruf arab, dalam keyboard yang hanya memiliki visual huruf latin. Dengan software Qur'an In Word, kita tidak direpotkan untuk menghafal posisi huruf, mengetik huruf demi huruf. Hanya cukup dengan memilih beberapa Opsi, seluruh ayat yang ingin ditulis secara otomatis akan keluar, bahkan ketika kita menginginkan ayat tersebut muncul disertai dengan terjemahan, bisa dilakukan dengan mudah. Freeware tersebut bisa diperoleh di official website geocities. Atau bisa langsung download sekarang, link download kami sediakan di bawah.


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download software Qur'an In Word di //www.tusfiles.net/b25zmuerl11w
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes