Tuesday, April 23, 2013

KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA OFFLINE

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 10:05 PM
Pada kesempatan ini, ekonsul akan berbagi pengalaman mengenai penggunaan freeware KBBI Offline. Sebelumnya, ekonsul banyak mengkaji mengenai android baik itu tipst, trik dan tutorial, sebagaimana pada tulisan-tulisan pada http://www.ekonsul.com/search/label/tut_android_root  Ekonsul juga konsen pada perkembangan IT, seperti pada http://www.ekonsul.com/search/label/art_infotek_web. Seperti apa pengalaman ekonsul dalam menggunakan kamus besar bahasa indonesia offline? Bagaimana cara mendownload KBBI Offline? Berikut adalah pemaparannya.
Kamus besar bahasa Indonesia, merupakan buku yang berisi kumpulan kata berbahasa Indonesia disertai dengan maknanya. Sebagian besar kata, mungkin tidak asing lagi, serta bisa dimengerti maksudnya walaupun tidak melihat di kamus. Akan tetapi, banyak kata lainnya yang tidak bisa dimengerti tanpa melihat pada kamus. Dalam dunia pendidikan, KBBI merupakan salah satu alat yang bisa menjadi guide penulisan. Bahakan untuk kalangan tertentu, ada yang mengharuskan penggunaan KBBI.
KBBI memiliki jumlah halaman yang relatif banyak yaitu sekitar 1744 halaman. Harga kamus besar bahasa Indonesia, saat tulisan ini di buat yaitu Rp. 375.000,00. Harga yang cukup tinggi untuk sebuah buku. Walaupun jika dilihat dari sisi manfaat, jauh lebih tinggi manfaatnya. Walaupun demikian, tentu tidak banyak orang yang mampu menyisihkan uangnya untuk membeli buku ini.
Di era digital, buku-buku yang di nilai memiliki fungsi sentral, mulai banyak yang di-digitalisasi. Dalam dunia keilmuan Islam ada yang dikenal dengan istilah maktabah syamilah, dimana didalamnya berisikan ribuan bahkan mungkin jutaan kitab-kitab baik itu tafsir, maupun kitab-kitab lainnya. Saat ini, Kamus Besar bahasa Indonesia atau yang disingkat KBBI juga telah di-digitalisasi. Salah satu pengembang yang telah merilis kamus besar bahasa Indonesia yaitu ebsoft. KBBI offline bisa di download secara gratis dalam situs resminya ebsoft.
Freeware KBBI yang dirilis oleh ebsoft bersifat offline, dengan size yang kecil. Kamus ini dikeluarkan 2 versi, portable dengan versi instal. Keduanya memiliki cara kerja yang sama. Kita tinggal memasukkan kata yang ingin dicari. Secara otomatis, system akan mencarinya di database, untuk kemudian ditampilkan pada layar. Freeware ini sangat memudahkan kita untuk memverifikasi sebuah kata dalam kamus besar bahasa indonesia. Yang paling penting, kamus ini disusun berdasarkan versi cetaknya. Sehingga sama-sama bisa dijadikan sebagai rujukan dalam penulisan karya ilmiah.


daftar sumber tulisan
sumber informasi tulisan //ebsoft.web.id/
//www.ekonsul.com/search/label/tut_android_root
//www.ekonsul.com/search/label/art_infotek_web


cara download : blok link dibawah, kemudian klik kanan lalu pilih opsi "go to..."
download KBBI Offline versi Installer pada //www.tusfiles.net/cfeyj8wpuzua
download KBBI Offline versi Portable pada //www.tusfiles.net/4p0m1qfx5l4f
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes