Sunday, April 21, 2013

KOMBINASI TOMBOL RECOVERY MODE

Posted by Agus Barkah Hamdani Posted on 6:14 PM
Recovery Mode merupakan salah satu fitur dalam android yang memiliki fungsi vital. Diantara beberapa fungsinya yaitu sebagai sarana untuk instalasi dengan menggunakan format .zip, fungsi recovery melalui opsi wipe data/factory reset serta wipe cache serti tulisan sebelumnya pada http://www.ekonsul.com/2013/04/cara-wipe-data-dan-cache.html, sarana instalasi melalui ADB yang ada pada windows, serta banyak lainnya. Selaun fungsi dasar sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya, pada pengembang telah banyak yang men-devlop recovery mode standar, dengan beberapa fitur tambahan, yang menurut mereka penting untuk ditambahkan. Beberapa contoh hasil kerja mereka diantaranya ada CWM Recovery, serta beberapa recovery lainnya yang memiliki fungsi sama dengan CWM Recovery. Pada dasarnya, setiap versi android telah dibekali fitur ini. Akan tetapi, tidak banyak yang tau bagaimana cara mengaksesnya. Di sisi lain, bagi para "opreker" android, akses recovery mode sudah sedemikian akrab. Dalam kesempatan ini, ekonsul akan membuka rahasia terkait dengan metode untuk mengakses fitur recovery mode.
Sebelum membuka rahasia ini, perlu diketahui bahwa secara garis besar, metode untuk mengakses recovery mode terbagi dalam 3 jenis. Melalui tombol kombinasi, melalui aplikasi (rooted), serta melalui script yang dimasukkan pada terminal emolator (rooted). Dalam kesempatan ini, ekonsul akan mengkaji salah satu metode saja yaitu akses recovery mode melalui tombol kombinasi. Akses recovery mode dengan menggunakan kombinasi tombol hanya bisa dilakukan ketika gadget dalam kondisi mati. Karenanya, sebelumnya matikan gadget terlebih dahulu. Adapun tombol kombinasinya, sebagai berikut:
1. Tekan dan tahan Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan. Gadget yang mengakses Recovery Mode dengan cara ini, biasanya gadget-gadget samsung android generasi pertama seperti galaxy mini, ace, gio, fit, serta lainnya.

2. Tekan dan tahan Tombol T + Tombol Power secara bersamaan. Gadget yang mengakses Recovery Mode dengan cara ini, biasanya gadget-gadget samsung android yang memiliki keyboard fisik seperti galaxy 551, Galaxy Pro, setra lainnya kecuali galaxy ch@t.

3. Tekan dan tahan Tombol Volume Atas + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan. Gadget yang mengakses Recovery Mode dengan cara ini, biasanya gadget-gadget dengan spesifikasi menengah ke atas seperti Galaxy S Advance, Galaxy S 2, Galaxy S 3, Galaxy Note, serta banyak lainnya.

4. Tekan dan tahan Tombol Volume Atas + Tombol Power secara bersamaan. Gadget yang mengakses Recovery Mode dengan cara ini, biasanya gadget-gadget samsung android dengan jenis tab seperti tipe P1000, P6200, serta lainnya.

Ada banyak jenis gadget berbasis android lainnya yang tidak bisa kami rinci satu demi satu. Mencoba mengakses recovery mode dengan beberapa alternatif kombinasi tombol tidak berdampak apa-apa pada gadget. Selama tidak menggunakan palu dan martil. Semoga bermanfaat.
Sponsors : Hangup Circle | Customize Blogger Template | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. ekonsul - All Rights Reserved
Template Design by Razor Madush | Published by New Blog Themes
Powered by Blogger
New Blogger Themes New Blogger Themes